Thursday, May 26, 2016

Overhaul Sistem Pendingin dan Komponen-komponennya (Materi TKR SMK)


MATERI OVERHAUL SISTEM PENDINGIN DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA

1. Cara Kerja Sistem Pendingin
Pengenalan Komponen Mesin dengan Pendinginan Udara
Gambar1. Menunjukkan dua model mesin bensin yang menggunakan pendingin udara
Sirip pendingin
Sirip pendingin digunakan untuk memperbesar luas permukan pendingin yang berfungsi untuk menyalurkan panas dari silinder mesin.
Pengarah udara
Pengarah udara (air shroud) dan cowling memiliki bentuk yang menutupi mesin untuk mengarahkan udara agar mengalir melalui sirip pendingin silinder dan silinder kepala.
Dengan titik didih cairan pendingin yang normal, yaitu pada kondisi tekanan udara 101,1 kpa maka berarti margin antara temperatur kerja dan titik didih hanyalah sebesar 10oC sampai 18oC. Pada kondisi seperti ini kendaraan akan mengalami panas berlebih jika bekerja keras pada cuaca yang panas. Meningkatkan titik didih cairan pendingin hingga 120oC pada tekanan tutup radiator dengan katup tekanan sebesar 90 kpa di atas tekanan normal atmosfer (191,1 kpa) akan meningkatkan margin keamanan sebesar 30 oC sampai 38 oC yang cukup memadai untuk segala kondisi jika mesin bekerja.
Tutup Radiator dengan Katup Tekanan
Sebagaimana dibahas dalam buku May and Crouse Jilid 1, fungsi utama tutup radiator dengan katup tekanan adalah meningkatkan titik didih cairan pendingin dengan cara mengontrol tekanan yang terjadi di dalam sistem pendingin. Selain itu tutup radiator dengan katup tekanan juga berfungsi meningkatkan efisiensi pompa air dan mengurangi efek kantong uap atau lapisan uap pada sistem pendingin.
Dengan meningkatkan tekanan cairan pendingin dalam sistem pendingin maka tutup radiator dengan katup tekanan meningkatkan efisiensi pompa air, karena adanya suplai cairan pendingin yang bertekanan konstan pada masukan pompa. Hal ini akan mengurangi kebutuhan pompa menyedot cairan pendingin dari radiator sehingga membantu dalam permasalahan kekurangan cairan pendingin atau cairan pendingin yang tidak digunakan.
Kantung udara atau kantung uap dalam mantel air sistem pendingin merupakan hal yang berbahaya bagi efisiensi pendinginan mesin. Uap dan udara bukan merupakan konduktor yang efektif bagi panas mesin dibandingkan cairan seperti misalnya cairan pendingin mesin. Kantung udara dan uap yang terjebak dalam sistem mengakibatkan kurang lancarnya aliran cairan pendingin dan kadang-kadang panas berlebih pada mesin.


Gambar 13  Dua macam Welsh plug, tipe gelas dan tipe piringan

Welsh Plug
Welsh plug atau core plug dipasang pada blok mesin dan kepala silinder untuk dua tujuan. Lubang yang terdapat pada welsh plug sebenarnya digunakan untuk membuang pasir pengecoran dari blok/kepala mantel air sesudah dicor. Kemudian welsh plug dipasang pada lubang-lubang tersebut menjadi penyekat eksternal bagi mantel air. Selain itu welsh plug juga berfungsi sebagai perlindungan bagi mesin terhadap cuaca yang sangat dingin. Air yang membeku akan memuai, sehingga jika cairan pendingin yang ada di dalam blok mesin membeku akan dapat mengakibatkan blok pecah oleh pemuaian es. Welsh plug didesain agar terdesak keluar dari blok oleh es yang memuai sehingga mengurangi tekanan dan mencegah terjadinya kerusakan karena pecah.















Gambar 14  Thermostat otomotif dengan katup by-pass model baru
Thermostat Jenis Katup By-Pass
Pada thermostat kendaraan ringan dewasa ini terdapat dua jenis umum, yaitu yang menggunakan katup by-pass dan yang tidak menggunakan katup by-pass. Thermostat yang menggunakan katup by-pass bekerja serupa dengan thermostat standar tetapi bekerja mengontrol cairan pendingin secara berbeda. Thermostat diatur  oleh sumbat lilin yang memuai jika panas sehingga menggerakkan silinder thermostat dan membuka katup utama. Silinder thermostat juga mengontrol gerakan katup by-pass selain membuka katup utama. Prinsip kerja thermostat by-pass adalah sebagai berikut :


Gambar 15  Arah aliran cairan pendingin pada keadaan katup by-pass membuka (mesin dingin)
Mesin dalam Keadaan Dingin
Gambar 1.16 Arah aliran cairan pendingin pada keadaan katup by-pass menutup
(mesin panas)

Pada kondisi temperatur cairan pendingin saat mesin dingin, katup utama thermostat tertutup oleh tekanan pegas, sedang katup by-pass pada posisi terbuka. Karena itu cairan pendingin dapat mengalir bersirkulasi dengan dorongan pompa air melalui blok mesin dan kepala silinder, melalui rangkaian by-pass thermostat yang membuka dan kembali pada pompa air sehingga dapat dihasilkan pemanasan mesin yang cepat.

Mesin dalam Keadaan Panas
Pada saat mesin mencapai temperatur kerjanya, sumbat lilin memuai dan menggerakkan silinder thermostat. Maka katup utama thermostat membuka dan pada saat yang bersamaan menutup katup by-pass. Cairan pendingin mengalir melalui rangkaian by-pass menjadi tertutup sehingga terjadi sirkulasi melalui thermostat menuju radiator dan terjadi penyerapan panas sebelum kembali lagi ke pompa air dan blok mesin.
         


Gambar 1.17 Posisi katup jiggle thermostat yang tepat









Kerja Katup Jiggle
Thermostat modern kebanyakan dilengkapi dengan katup jiggle atau pembuang udara. Katup ini berfungsi untuk mengeluarkan udara yang terperangkap dalam sistem agar bsa keluar melalui thermostat. Saat cairan pendingin diganti dan thermostat menutup, udara dialirkan dari blok mesin melalui katup jiggle yang membuka. Selama operasi normal katup ini menutup oleh adanya tekanan dan aliran cairan pendingin.

Gambar 1.18 Rangkaian dasar lampu peringatan temperatur dan sensor

Sensor Suhu
Ada dua macam sensor suhu, yaitu jenis saklar on/off dan jenis resistansi variabel. tipe saklar on/off digunakan pada lampu peringatan temperatur pada dashboard dan kipas pendingin thermatik listrik. Saklar digunakan untuk membumikan rangkaian listrik untuk menyalakan lampu peringatan temperatur atau menyalakan kipas listrik pendingin, jika temperatur cairan pendingin mencapai temperatur kerja sensor, misalnya 108oC. Jika temperatur cairan pendingin turun di bawah temperatur kerja sensor maka saklar membuka dan rangkaian menjadi terputus.












Sensor tipe resistansi digunakan untuk mengoperasikan penunjuk temperatur dashboard yang menunjukkan temperatur sesungguhnya dari cairan pendingin, atau untuk memberi sinyal listrik mengenai temperatur cairan pendingin pada computer manajemen mesin EFI. Kerja sensor-sensor ini berdasarkan prinsip bahwa pada saat temperatur cairan pendingin meningkat maka resistansi listrik internal sensor berubah sehingga arus yang mengalir melalui rangkaian listrik bisa makin besar atau makin kecil. Perubahan aliran arus dipengaruhi oleh temperatur sensor yang mengontrol posisi jarum pada alat penunjuk temperatur atau memberitahu temperatur mesin yang akurat pada computer EFI.

Gambar 1.19 Dua tipe umum saklar temperatur thermo, tipe saklar listrik
dan tipe saklar vakum



Saklar Temperatur Thermo
Saklar temperatur thermo merupakan alat khusus yang meraba temperatur cairan pendingin. Saklar ini bisa bekerja dengan menjadikan rangkaian listrik atau rangkaian vakum manifold mesin on/off. Saklar jenis ini biasa digunakan pada sistem pengontrolan emisi dan dipasang pada mantel air untuk meraba temperatur cairan pendingin.
Bahan Pencegah Karat
Adanya berbagai macam material yang digunakan pada sistem pendingin mengakibatkan terjadinya karat pada logam. Karat merupakan hasil reaksi antara dua logam yang berbeda (misalnya aluminium dan besi tuang) dengan bantuan elektrolit (air). Oleh karena itu bahan pencegah karat harus digunakan pada sistem pendingin terutama pada mesin-mesin yang menggunakan kepala silinder aluminium. Bahan pencegah karat akan semakin tidak efektif semakin lama digunakan dan harus diganti secara teratur.
Kegunaan Sekunder Dari Cairan Pendingin Mesin
Cairan pendingin mesin bisa digunakan untuk tujuan lain di samping mengatur temperatur mesin. Panas yang ada pada cairan pendingin mesin bisa digunakan untuk memanaskan berbagai macam komponen, misalnya lilin pemuaian termal pada katup choke otomatis. Cairan pendingin juga bisa digunakan untuk menghangatkan komponen-komponen, misalnya manifold masukan dan bodi botol. Pada kendaraan bermesin turbo dewasa ini sistem pendingin mengalirkan cairan pendingin pada rumah turbo untuk membantu menjaga temperatur oli turbo agar tetap minimum sehingga meningkatkan usia bantalan poros turbo serta mengurangi rusaknya oli.

Pemerikaan Sistem Pendingin

4. PEMERIKSAAN SISTIM PENDINGIN

Pemeriksaan Level Cairan Pendingin, Sistem Tanpa Sekat

Pengecekan level cairan pendingin pada sistem pendingin modern hanya memerlukan pemeriksaan pada botol reservoir pelimpah dari plastik bening seberapa tinggi level cairannya dan juga memeriksa apakah radiator terisi penuh hingga mencapai bagian atas leher tutup berkatup tekanannya. Level cairan pendingin yang selalu rendah pada radiator mengindikasikan adanya kebocoran udara pada sistem. Kebocoran udara akan mencegah cairan pendingin tersedot kembali ke radiator dari botol overflow/pelimpah.
Pada kendaraan model lama yang tidak memiliki botol reservoir diperlukan pemeriksaan visual dengan cara membuka tutup radiator berkatup tekanan dan memeriksa level cairan pendingin pada leher radiator. Ingatlah, anda harus berhati-hati jika membuka tutup radiator berkatup tekanan pada sebuah sistem pendingin yang panas. Ikutilah prosedur yang disebutkan dalam buku May and Crouse halaman 138. Pada sistem pendingin tanpa reservoir level cairan pendingin yang benar berada di bawah leher radiator saat cairan pendingin dalam keadaan dingin. Hal tersebut disebabkan oleh hilangnya cairan pendingin karena pelimpahan akibat pemuaian yang tidak dikompensasi. Seharusnya level caian berada di atas tabung lubang radiator. Lihat manual servis mengenai level cairan pendingin yang benar

Pemeriksaan Penyumbatan Radiator

Selain dilakukan pengecekan visual terhadap adanya kebocoran cairan pendingin dan kerusakan pada tabung lubang radiator dan sirip pendingin, diperlukan juga pemeriksaan visual terhadap adanya penyumbatan eksternal maupun internal. Penyumbatan eksternal terjadi dari berkumpulnya serangga, tumbuhan dan partikel-partikel kotoran di sekitar tabung lubang radiator dan sirip. Penyumbatan ini menghambat aliran udara melalui radiator sehingga mengurangi keefektifan serta menyebabkan panas berlebih pada mesin.



Melalui pemeriksaan visual pada lubang radiator menggunakan senter atau obor untuk memeriksa penetrasi cahaya akan diketahui tingkat penyumbatan.
Penyumbatan internal terjadi akibat endapan karat, kontaminasi cairan pendingin dan partikel-partikel korosi di dalam tabung lubang radiator. Penyumbatan ini menimbulkan efek mengurangi aliran cairan pendingin melalui radiator, sehingga terjadi pendinginan yang tidak mencukupi pada mesin dan mengakibatkan panas berlebih pada mesin. Dengan melakukan pemeriksaan kecil secara visual pada lubang tabung, yang dapat dilihat melalui leher radiator, dapat diketahui adanya kemungkinan penyumbatan radiator. Pemeriksaan yang akurat terhadap perkiraan atas terjadinya penyumbatan tabung hanya dapat dilakukan dengan membongkar masing-masing tangki radiator.

Pemeriksaan Saluran Cairan Pendingin
Pemeriksaan akurat pada radiator dan saluran cairan pendingin harus dilaksanakan dengan sistem yang berada pada tekanan kerja normalnya. Jika melakukan tes tekanan pada sistem pendingin untuk menentukan adanya kebocoran, sebaiknya dilakukan juga pengecekan secara visual pada pipa-pipa saluran. Pada saat sistem memiliki tekanan, pipa-pipa saluran cairan pendingin yang mengalami kerusakan internal maupun eksternal menunjukkan tanda-tanda pembengkakan atau penggelembungan pada daerah-daerah yang lemah dan menjebol retakan-retakan kecil yang berbahaya. Jika terdapat tanda penggelembungan, pecah atau desisan retakan saat saluran ditekan maka pipa saluran cairan pendingin harus segera diganti.





















Pengecekan Pompa Air
Kebocoran cairan pendingin dari pompa air umumnya berasal dari dua tempat, dari gasket pompa air dan dari seal lubang penguras pompa air pada bodi pompa. Kebocoran dari lubang penguras, biasanya terletak pada sisi bawah pompa air, menandakan kerusakan pada seal pompa air. Kebocoran ini paling tampak jelas jika sistem memiliki tekanan. Kebocoran seal yang sudah lama dapat segera diketahui dari adanya cairan pendingin yang mengalir dari lubang penguras.
Bantalan pompa air yang rusak akan menimbulkan suara mendengung dan seal pompa air yang rusak akan menimbulkan suara bernada tinggi. Jika diperkirakan terdapat kerusakan-kerusakan tersebut dapat dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan stetoskop mekanik. Jika stetoskop diletakkan pada pompa air maka akan diketahui letak sumber bising tersebut apakah berasal dari pompa air atau dari komponen-komponen lain, misalnya sabuk timing puli. Selain itu dapat dilakukan pembongkaran sabuk penggerak dan menjalankan mesin untukmengetahui problem yang terjadi.
Catatan :
Jangan menjalankan mesin terlalu lama dalam keadaan tanpa sabuk penggerak pompa air karena akan menimbulkan panas berlebih.
Kebocoran Cairan Pendingin
Selain dilakukan pemeriksaan pada komponen-komponen utama sistem pendingin untuk menentukan adanya kebocoran, juga perlu dilakukan pemeriksaan pada sumber-sumber lain yang bisa menimbulkan kebocoran cairan pendingin. Saklar dan sensor temperatur termo merupakan sumber-sumber yang mungkin bagi kebocoran. Selain itu bisa juga gasket manifol saluran masukan, choke otomatis dan pipa-pipa saluran, serta pipa by-pass kecil cairan pendingin di sekitar manifol masukan dan blok mesin. Bagian dalam lubang pemanas juga dapat menjadi sumber kebocoran cairan pendingin. Karpet yang basah, bau cairan pendingin atau windscreen yang lembab menandakan kebocoran cairan pendingin pada lubang pemanas atau tap heater.





















5. Tester Bahan Aditif Cairan Pendingin
Tester Konsentrasi Larutan Tahan-beku/Tahan-mendidih

Besarnya perbandingan air terhadap larutan tahan-beku/tahan-mendidih pada sistem pendingin menentukan level dari perlindungan terhadap kemampuan cairan pendingin agar tahan terhadap pembekuan dan pendidihan. Cairan pendingin harus mampu memberikan perlindungan yang memadai pada mesin kendaraan sesuai spesifikasi dari pabrik. Ketidakmampuan memberikan perlindungan yang memadai dapat membuat diabaikannya klaim jaminan sistem pendingin. Oleh karena itu diperlukan pemeriksaan teratur pada level konsentrasi tahan-beku/tahan-mendidih dalam cairan pendingin dan membandingkannya terhadap spesifikasi pabrik.
Berikut ini adalah penjelasan mengenai dua macam tester anti-beku dan petunjuk pemakaiannya :

Tester 1 – Tester Tahan-beku tipe Skala Hydrometer
Tester Tahan-beku Kent & Moore AU435, 50% Glycol

Tester tahan-beku Kent and Moore bekerja berdasarkan prinsip hidrometer baterai. Tester mengukur berat jenis larutan cairan pendingin untuk menentukan besarnya konsentrasi tahan-beku. Tester ini merupakan tester yang akurat untuk digunakan pada larutan tahan-beku yang mempunyai perbandingan hingga 50%. Penggunaan tester ini merupakan metode yang cepat dan dapat diandalkan dalam pengecekan kekuatan tahan-beku pada sistem pendingin kendaraan. Selain itu tester ini juga menyediakan sebuah tabel yang digunakan untuk menentukan jumlah bahan aditif tahan-beku yang perlu ditambahkan sehingga dicapai tingkat perlindungan yang aman untuk berbagai ukuran sistem pendingin. Tester ini didesain untuk mengetes larutan tahan-beku berbasis Ethylene Glycol. Hasil pembacaan tidak dapat diandalkan jika digunakan campuran berbasis methanol.



















Tes harus dilaksanakan pada sistem pendingin yang berada pada keadaan dingin.
Petunjuk Penggunaan
Pemasangan :
1.    Pertama masukkan skala hidrometer pada mantel.
2.    Pasang nozel untuk membuka ujung mantel – kini tester siap digunakan.
Penggunaan :
1.    Buka tutup radiator berkatup tekanan.
2.    Masukkan nozel pada cairan pendingin, tekan bola karet untuk menghisap cairan secukupnya pada mantel hingga hidrometer dapat mengapung.
3.    Pegang instrumen setinggi mata dan baca skala hidrometer pada level cairan.
 
Hasil pembacaan menunjukkan persentase larutan tahan-beku yang terkandung dalam sistem pendingin (jika hasil pembacaan berada di antara dua garis pilihlah yang bawah).







Gambar 2.1 Tester bahan aditif anti-beku hidrometer jenis Kent dan Moore
Tester Tahan-beku Pengecekan K-D Tools Spot
Tester tahan-beku K-D Tools juga bekerja berdasarkan prinsip hidrometer baterai. Tester mengukur berat jenis larutan cairan pendingin untuk menentukan temperatur aktual perlindungan tahan-beku/tahan mendidih. Prinsip kerjanya berbeda dengan tester lain



Tingkat perlindungan tahan-beku ditunjukkan oleh banyaknya bola berwarna yang mengambang pada sampel cairan pendingin. Penggunaan tester ini merupakan metode yang cepat dan dapat diandalkan dalam memeriksa kekuatan anti-beku dan menunjukkan besarnya perlindungan tahan-beku/tahan-mendidih dengan segera.
Petunjuk Pemakaian
1.    Buka tutup radiator berkatup tekanan.
2.    Hisaplah sampel cairan pendingin ke hidrometer dengan menekan bola karet.
3.    Tekan perlahan sisi hidrometer dengan jari sehingga bola pengapung dapat terapung.
4.    Hitung jumlah bola yang terapung pada bagian atas sampel cairan pendingin.
5.    Gunakanlah tabel skala berikut ini untuk menentukan level perlindungan cairan pendingin.

Bola terapung
Perlindungan tahan-beku pada
Perlindungan titik didih pada
1
-6 oC
+123oC
2
-15 oC
+125 oC
3
-23 oC
+127 oC
4
-31 oC
+130 oC
5
-40 oC
+133 oC




















Gambar 2.2 Tester bahan aditif anti-beku hidrometer bola pengapung tipe K-D

Tester Korosi Cairan Pendingin

Penggunaan berbagai jenis material dalam sistem pendingin menimbulkan terjadinya korosi. Korosi dihasilkan oleh reaksi antara dua logam berbeda (misalnya aluminium dan baja tuang) serta dengan adanya elektrolit (yaitu air). Oleh sebab itu harus digunakan bahan pencegah karat dalam sistem pendingin, terutama pada mesin-mesin yang menggunakan kepala silinder aluminium. Bahan-bahan pencegah karat tersebut semakin lama akan semakin berkurang keefektifannya sehingga secara periodik harus diganti. Maka diperlukan pemeriksaan secara teratur pada sistem pendingin untuk mengetahui tingkat korosi yang terjadi. Tester korosi cairan pendingin dapat mengukur level keasaman cairan pendingin. Derajat keasaman yang tinggi dalam cairan pendingin menandakan adanya korosi yang tinggi pada cairan pendingin. Bisa juga tester ini digunakan untuk mengukur potensial kimiawi listrik pada aliran arus. Semakin tinggi potensial aliran arus menunjukkan cairan pendingin yang mengalami korosi yang tinggi.
Berikut ini adalah penjelasan dua macam tester korosi cairan pendingin beserta petunjuk penggunaannya :


Tester 1 – Kertas Indikator Lakmus
Kertas Indikator Whatman Full Range pH 1-14
Kertas indikator Whatman adalah tester kertas lakmus untuk mengetes derajat keasaman atau alkalin pada cairan pendingin dalam sistem pendingin. Kertas lakmus adalah lembaran kertas khusus yang berubah warna secara kimiawi jika terkena larutan asam atau alkalin dari berbagai derajat ukuran. Kertas indikator Whatman memiliki empat belas derajat perubahan warna untuk menunjukkan pH cairan pendingin. Skala standar pH ditunjukkan di bawah ini. Pengetesan menggunakan pH Whatman merupakan tes yang cepat dan efektif untuk menentukan tingkat korosi pada cairan pendingin.
 
 






Gambar 2.3 Skala pH Full Range yang digunakan untuk tes korosi cairan pendingin menggunakan kertas lakmus Whatman
Petunjuk Pemakaian :
1.    Buka tutup radiator berkatup tekanan.
2.    Buka selembar kertas indikator Whatman.
3.    Celupkan kertas indikator pada cairan pendingin yang dites selama beberapa detik.
4.    Angkat kertas dari larutan dan bandingkan warna yang dihasilkan dengan yang tertera pada kartu warna dengan mendekatkan kertas indikator ke dekatnya.
5.    Warna dan pasangan angka pada kartu warna yang cocok dengan kertas tes menunjukkan nilai pH cairan pendingin.
6.     


Tester 2 – Tester Elektrometer Elektronik Sistem Pendingin
Elektrometer Sistem Pendingin Wynn
Elektrometer sistem pendingin Wynn merupakan instrumen yang didesain untuk mengukur potensial kimiawi elektro aliran arus dalam sistem pendingin. Dengan mengetes potensial kimiawi elektro cairan pendingin, tester dapat menentukan apakah korosi yang terjadi pada sistem yang disebabkan oleh elektrolisis (korosi akibat logam-logam yang berbeda dan elektrolit) berada pada derajat yang tinggi atau rendah. Semakin tinggi potensial kimiawi listrik, semakin tinggi tingkat korosi yang terjadi pada sistem. Meter menunjukkan kondisi cairan pendingin dengan tiga macam lampu, lampu baik (good), lampu korosif (corrosive) dan lampu penggantian (replace).

Lampu Baik
Menunjukkan larutan yang stabil. Lampu ini menandakan bahwa permukaan-permukaan logam pada sistem dalam keadaan pasif dan bahan pencegah karat tetap aktif bekerja.
Lampu Korosif
Menunjukkan peningkatan kegiatan elektrolisis dan korosi. Jika sistem pendingin juga dalam kondisi kotor, maka mestinya dibilas dan diisi kembali dengan cairan pendingin yang baru. Jika sistem keadaannya tampak bersih, maka menandakan kondisi batas yang seringkali dapat diperbaiki dengan cara melakukan penambahan bahan pencegah karat.

Lampu Penggantian
Menandakan tingkat aksi elektrolit yang tinggi dan tingkat korosi yang lebih tinggi. Harus segera dilakukan pembersihan kimiawi dan pembilasan sistem pendingin serta mengganti cairan pendingin dengan cairan pendingin baru dengan konsentrasi yang dianjurkan oleh pabrik kendaraan, juga penambahan bahan pencegah karat yang berkualitas baik.
Catatan :
Beberapa pabrik menentukan supaya hanya digunakan cairan pendingin yang asli bagi kendaraan buatan mereka. Jika tidak dipatuhi akan mengakibatkan korosi mesin yang berlebihan dan terjadinya kerusakan. Perhatikan manual.
 

 












Gambar 2.4 Elektrometer sistem pendingin Wynn untuk pengetesan korosi
cairan pendingin

Petunjuk Pemakaian :
1.    Sebelum melakukan tes, periksalah terlebih dulu kabel sensor elektrometer. Kabel harus dalam keadaan bersih dan tidak terdapat karat, endapan kotoran, minyak dan gemuk.
2.    Pengetesan harus dilakukan dengan kendaraan berada dalam temperatur kerjanya. Nyalakan mesin dan jalankan hingga mencapai temperatur kerja.
3.    Pasang jepit kabel hitam tester pada leher pengisian radiator. Jika radiator menggunakan tangki plastik, jepitkan pada tabung lubang radiator dengan hati-hati.
4.    Buka tutup radiator berkatup tekanan dengan hati-hati dan gantung sensor pada cairan pendingin, jauhkan dari permukaan-permukaan logam.
5.    Tekan tombol tes pada meter dan perhatikan lampu indikator selama sekitar 10-15 detik.
6.    Gunakan tabel petunjuk pemakaian untuk mengetahui arti dari hasil pembacaan.

Perlengkapan Pembilasan Terbalik

Pembilasan terbalik sistem pendingin adalah sebuah prosedur yang menggunakan aliran air bertekanan dan olakan udara untuk membersihkan bahan pengontaminasi. Gerak aliran balik air dan udara bertekanan membantu menghilangkan karat, endapan kotoran dan bahan-bahan pengontaminasi lain tanpa harus mendorongnya melalui lubang radiator dan pemanas yang berdiameter kecil. Ada dua tipe utama perlengkapan pembilasan terbalik yang digunakan pada kendaraan ringan, penyemprot/flushing gun genggam dan Wynn’s Xtend Power Flush Station.
Kedua unit menggunakan air bertekanan dan turbulensi udara untuk membilas sistem pendingin. Tekanan air dan udara harus teregulasi agar tidak menimbulkan kerusakan pada heater/lubang radiator dan pipa saluran cairan pendingin. Walaupun pembilasan terbalik pada sistem pendingin dianggap sebagai metode paling efektif dalam pembersihan, kedua perlengkapan pembilas tersebut harus digunakan sesudah dilakukan terlebih dulu pemberian senyawa kimia pembilas untuk merontokkan dan melarutkan bahan pengontaminasi.
Catatan :
Perlu diperhatikan peraturan lingkungan hidup mengenai penanganan dan pembuangan bahan aditif cairan pendingin.
Prosedur Pra-Pembilasan Terbalik
Pelaksanaan pembilasan terbalik memerlukan berbagai prosedur pra-pembilasan sebelum peralatan pembilasan digunakan. Kebanyakan pabrik memberikan saran-saran persyaratan pra-pembilasan. Jika tidak diperoleh petunjuk maka dapat digunakan prosedur-prosedur berikut.
1.    Buka tutup radiator berkatup tekanan (berhati-hatilah jika menangani sistem yang dalam keadaan panas) dan tambahkan senyawa pembilas kimia sistem pendingin yang disarankan pabrik sebagaimana tertera pada petunjuk.
2.    Jalankan kendaraan pada temperatur kerja selama jangka waktu yang disebut dalam petunjuk pemakaian senyawa pembilas.
3.    Kuras cairan pendingin pada wadah yang memadai sesuai petunjuk pabrik (berhati-hatilah karena cairan pendingin dan komponen-komponen dalam keadaan panas).
4.    Untuk penggunaan unit pembilas genggam, buka pipa saluran cairan pendingin radiator atas dan bawah.
5.    Untuk penggunaan unit pembilas genggam, lepaskan pipa-pipa saluran heater dari pompa air maupun mesin. Untuk unit Wynn’s Xtend Power Flush, buka hanya pipa saluran kembali heater.
6.    Berdasarkan manual bengkel, buka rumah thermostat dan lepas thermostat, kembalikan rumah thermostat. Prosedur ini mungkin tidak akan berguna jika digunakan thermostat tipe by-pass.
7.    Setel pengontrol pemanas dashboard pada posisi panas.

Prosedur Pembilasan Terbalik


Penyemprot Genggam Pembilasan Terbalik
Penyemprot genggam (flushing gun) pembilasan terbalik adalah alat yang dioperasikan secara manual yang menyemprotkan air dan udara bertekanan pada sistem pendingin. Pembilasan dilaksanakan dalam tiga tahap terpisah, pembilasan radiator, pembilasan blok mesin dan pembilasan saluran pemanas. Alat penyemprot mempunyai penyuplai udara dan air yang dihubungkan padanya. Aliran air dikontrol dengan tuas on-off, sedangkan injeksi udara diatur melalui pemicuan dengan tangan. Penyemprot bekerja dengan cara mengalirkan air secara konstan pada sistem dengan tuas air dalam posisi terbuka, sementara operator mengatur semburan udara bertekanan dengan pemicu pengontrol udara untuk menghilangkan bahan pengontaminasi.
Prosedur Dasar Operasi :
1.    Pasang saluran penguras (pipa fleksibel radiator) pada tangki atas atau sambungan saluran masukan radiator dan letakkan pada wadah penampung pengurasan.
2.    Pasang penyemprot genggam pada dasar tangki atau sambungan saluran keluar radiator.
3.    Hubungkan penyuplai air dan udara pada penyemprot, atur tekanan udara dan air sesuai spesifikasi pabrik. Kecuali diperbolehkan oleh spesifikasi, jangan melebihi tekanan statis 20 psi karena akan menimbulkan kerusakan pada lubang radiator.
4.    Pindahkan saklar tuas air alat penyemprot pada posisi on, air akan disemprotkan pada radiator.
5.    Dengan menggunakan tuas pemicunya, semburkan udara bertekanan pendek-pendek hingga terjadi aliran air yang bersih dari pipa penguras.
6.    Pindah saklar tuas air pada posisi off dan lepaskan alat pembilas dan pipa penguras.
      7. Ulangi prosedur yang sama untuk melakukan pembilasan terbalik blok  mesin dan kemudian saluran pemanas
Wynn’s Xtend Power Flush Station
Wynn’s Xtend Power Flush Sation merupakan alat yang dapat melakukan pembilasan terbalik pada seluruh sistem pendingin dalam empat langkah mudah dengan menggunakan tiga katup pengontrol. Power Flush Station memiliki suplai tekanan udara dan air yang harus diregulasi dengan baik agar tidak terjadi kerusakan. Alat ini menggunakan tiga saluran pembilas yang dihubungkan pada sistem pendingin, pipa pembilas heater, pipa pembilas radiator dan pipa pembilas pompa air. Pipa penguras pada alat ini membuang cairan pendingin yang dikuras dari mesin. Pembilasan dilaksanakan mengikuti daftar prosedur yang tertera pada alat dan dengan mengatur posisi katup pengontrol A, B dan C. Selain itu juga terdapat langkah pengurasan sistem dan prosedur pengisian kembali cairan pendingin.
Prosedur Dasar Operasi :
1.    Hubungkan saluran heater dan pompa air Power Flush pada jalan keluar yang sesuai. Pipa heater Power Flush pada saluran kembali cairan pendingin heater yang sudah dilepas (petunjuk pra-pembilasan). Pipa pompa air Power Flush pada pipa saluran kembali pemanas pada jalan keluar pompa air yang telah dilepas.
2.    Hubungkan adaptor/penyambung pipa radiator atas pada radiator. Pada radiator vertikal pasang adaptor pada leher pengisian, untuk radiator aliran silang pasang adaptor pada sambungan jalan masuk saluran atas. Pasang saluran radiator Power Flush pada adaptor.
3.    Letakkan pipa penguras Power Flush ke arah wadah penampung pengurasan.
4.    Pasang saluran suplai air dan udara pada Power Flush dan atur tekanan statis sesuai spesifikasi pabrik. Kecuali jika diperbolehkan spesifikasi, jangan memberi tekanan statis melebihi 20 psi karena akan menimbulkan kerusakan.
5.    Setel katup pengontrol pada posisi tes dan atur kembali tekanan udara pada 5 psi.
6.    Pembilasan sistem pendingin dilaksanakan mengikuti empat langkah yang tercantum pada daftar prosedur pada Power Flush. Ikuti tiap langkah hingga terjadi aliran air yang bersih pada pipa penguras.
7.    Setelah selesai lepas pipa-pipa Power Flush dan hentikan suplai air.


 
 






Gambar 2.5 Alat genggam penyemprot pembilasan terbalik

Prosedur Pengisian Kembali Cairan Pendingin


Jika proses pembilasan telah selesai dilaksanakan maka sistem pendingin memerlukan pengisian kembali cairan pendingin. Agar prosedur ini dapat diselesaikan dengan benar maka harus diperhatikan prosedur manual bengkel. Karena pada kendaraan yang berbeda diperlukan prosedur pembuangan udara cairan pendingin (bleeding) yang berbeda. Petunjuk berikut ini adalah prosedur yang dapat digunakan bagi sebagian besar kendaraan :
1.    Bongkar rumah thermostat, pasang kembali thermostat dan rumahnya dengan gasket baru dengan mengikuti manual bengkel. Pasang kembali saluran cairan pendingin dan rapatkan klem-klem pipa.
2.    Berikan sejumlah bahan aditif cairan pendingin yang diperlukan sesuai spesifikasi pabrik dan isilah dengan air bersih. Jika perlu lakukan pembuangan udara/bleeding pada sistem seperti yang disebutkan dalam manual bengkel.
3.    Jalankan mesin hingga thermostat membuka (tangki atas radiator menjadi panas) dan periksa kembali level cairan pendingin, penuhi sesuai keperluan.
4.    Periksa adanya kebocoran pada sistem pendingin (tes tekanan) dan periksa kembali level cairan pendingin.





















6. Bahan Pencegah Karat pada Sistem Pendingin

Air yang terdapat pada sistem pendingin berfungsi untuk perpindahan panas dari berbagai komponen yang terdapat pada mesin. Air biasa, baik air yang dapat diminum maupun tidak, akan menimbulkan karat pada sistem pendingin. Selain itu juga terjadi endapan yang terbentuk pada permukaan internal, khususnya pada komponen-komponen yang panas akibat mineral yang terkandung dalam air.
Bahan pencegah karat merupakan bahan kimia yang larut dalam air. Jika bercampur dengan air bahan ini akan melindungi permukaan logam pada sistem pendingin dari berbagai korosi. Bahan pencegah karat juga harus melindungi sistem pendingin dari pembentukan endapan dan bahan asam.
Penggunaan bahan pencegah karat yang tepat merupakan bagian penting dalam program perawatan mesin. Dewasa ini semua pabrik pembuat mesin tertutup yang didinginkan dengan air menentukan adanya pemakaian bahan pencegah karat tertentu dalam sistem pendingin. Selain itu diketahui bahwa bahan pencegah karat menjadi habis/berubah selama pemakaiannya. Bahan pencegah karat harus dijaga kekuatannya dan diganti secara teratur agar perlindungan mesin selalu terjaga. Dalam memilih bahan pencegah karat perlu diperhatikan apakah bahan tersebut juga mencegah terjadinya pembentukan lapisan kerak.
Beberapa kendaraan, khususnya kendaraan import, menentukan penggunaan bahan anti pembekuan berbasis ethylene glycol dengan bahan pencegah karat. Untuk kendaraan yang dijalankan dalam kondisi suhu di bawah nol derajat selain diperlukan perlindungan terhadap karat juga diperluakn perlindungan anti beku pada mesin. Pada umumnya kondisi di Australia tidak perlindungan tersebut, melainkan hanya perlindungan terhadap karat.








Poin-poin Utama

·         Air bersih maupun air dengan perlakuan khusus dapat menimbulkan terjadinya karat pada sistem pendingin.
·         Bahan pencegah karat harus digunakan untuk melindungi mesin, di samping akan memperkecil biaya perawatan.


Bahan Pembersih pada Sistem Pendingin

Agar mesin dapat berusia panjang diperlukan sistem pendingin yang bersih yang akan memperkecil problem panas berlebih serta memungkinkan bahan pencegah karat dapat berfungsi dengan baik.

Akibat prosedur perawatan yang tidak tepat seringkali ditemukan bahan pengkontaminasi pada sistem pendingin mesin. Bahan-bahan pengkontaminasi tersebut mempunyai efek buruk terhadap mesin karena :
·         Dapat menyebabkan pencemaran dan panas berlebih.
·         Menyediakan tempat bagi karat.
·         Melawan aksi bahan pencegah karat.

Bahan pengkontaminasi utama adalah :
·         Bahan rontokan, biasanya hasil karat.
·         Berbagai endapan, biasanya berupa kerak dan hasil karat.
·         Kontaminasi dari sedikit pelumas.
·         Bahan pencegah karat yang tidak sesuai.










Untuk membersihkan sistem dari semua kontaminan diperlukan pembersihan kimiawi. Dengan penggunaan bahan pembilas radiator akan dapat dihilangkan segala endapan, gemuk dan oli, aktivitas mikrobial dan bahan pencegah karat yang tidak sesuai. Bahan pembilas khusus selain berfungsi seperti tersebut di atas juga dapat menghilangkan endapan yang sangat keras.
Jika kita akan mengganti pemakaian bahan pencegah karat dengan yang lain maka harus dibersihkan dahulu semua bekas bahan pencegah karat yang lama. Bahan pencegah karat yang berbeda mungkin berbeda secara kimiawi sehingga akan membentuk reaksi kimia di dalam sistem pendingin.
Pada umumnya bahan pembilas biasa sudah mencukupi. Jika terdapat problem kontaminan mungkin perlu digunakan bahan pembilas khusus.

Poin-poin Utama

·         Bahan pencegah karat harus dijaga ketinggiannya saat menambahkan cairan pendingin dan diganti secara teratur untuk menjamin perlindungan yang terus menerus.
·          
·         Pada kendaraan yang bekerja pada daerah bersuhu di bawah nol derajat perlu digunakan bahan pencegah karat anti beku.

Analisa Cairan Pendingin

Cairan pendingin mempunyai fungsi yang banyak dan harus memiliki sifat-sifat :
·         Anti korosif
·         Anti kerak
·         Tidak berbusa
·         Aman bagi saluran cairan pendingin
·         Melumasi pompa air
·         Meningkatkan titik didih
·         Menurunkan titik beku
·         Mampu melindungi komponen aluminium dan besi tuang








Campuran Ethylene Glycol

Perlu kita ketahui bahwa cairan pendingin berbasis Ethylene Glycol memberi dua keuntungan. Pertama meningkatkan titik didih dan kedua menurunkan titik beku. Bahan pencegah karat merupakan bahan yang ditambahkan untuk perlindungan terhadap sistem.
Mungkin kita lebih tertarik pada masalah sifatnya yang anti beku atau anti mendidih dibandingkan fungsi utamanya sebagai pencegah karat. Kebanyakan cairan pendingin mengandung phosphat dan silikat untuk melindungi sistem pendingin. Phosphat melindungi komponen dari besituang sedangkan silikat melindungi komponen aluminium.

Cairan pendingin mungkin terdiri dari sekitar 95% Ethylene Glycol dan hanya 0,1% silikat untuk perlindungan terhadap logam campuran. Jika cairan pendingin yang mengandung phosphat bercampur dengan air (misalnya air PAM yang mengandung kalsium) maka akan timbul kalsium phosphat dan membentuk endapan.

Oleh sebab itu sebaiknya gunakan air yang di-demineralisasi jika memakai cairan pendingin berbasis Ethylene Glycol.

Di samping itu perlu diperhatikan bahwa pemakaian campuran Ethylene Glycol melebihi 60% tidak lagi menghasilkan penurunan titik beku tetapi malah bersifat sebaliknya.

Misal   33% dari volume = titik beku -19oC
          50% dari volume = titik beku -34oC
          60% dari volume = titik beku -55oC
          80% dari volume = titik beku –40oC

Berdasarkan nilai di atas maka tidak diperoleh keuntungan dari pemakaian melebihi 60%.



Kandungan Ethylene Glycol juga meningkatkan titik didih.
          33% dari volume = 104oC pada suhu ruang
          50% dari volume = 109oC pada suhu ruang
          60% dari volume = 113oC pada suhu ruang
Ethylene Glycol juga meningkatkan temperatur di daerah kap mesin.
Analisa cairan pendingin yang mendetail diperoleh dari analisa di laboratorium. Walaupun mahal dan memakan waktu lama tetapi hasilnya sangat akurat. Sebagai gantinya dapat digunakan alat seperti refraktometer. Alat ini menggunakan prisma  kaca yang padanya diletakkan sampel cairan pendingin kemudian diarahkan pada cahaya sehingga akan tampak berbagai warna spektrum cahaya yang bergantung pada jumlah Ethylene Glycol. Metode ini juga mahal tetapi akurat.
Cara paling cepat dan efektif untuk mengetahui keadaan cairan pendingin adalah dengan dua metoda berikut :
1.   Hidrometer (berat jenis)

Untuk mengetahui nilai berat jenis bisa digunakan hidrometer. Hasilnya akan menunjukkan persentase Ethylene Glycol per volume tetapi tidak menunjukkan kualitas bahan pencegah karat sebenarnya.
Berat jenis menunjukkan angka perbandingan kepadatan relatif dibandingkan air. Berat jenis bahan pencegah karat ditentukan dengan menggunakan hidrometer. Pengukuran berat jenis tidak menunjukkan kondisi atau banyaknya bahan pencegah karat yang ada. Konsentrasi Ethylene Glycol pada bahan pencegah karat juga bisa ditentukan dengan menggunakan hidrometer. Penentuan konsentrasi tersebut tidak menunjukkan apakah glycol berada pada kondisi yang baik atau turun kwalitasnya menjadi senyawa asam.  Penggunaan hidrometer untuk mengukur konsentrasi propylene glycol sebagai bahan anti pembekuan juga tidak dapat dilakukan karena berat jenisnya yang hampir sama dengan air.


Dengan menggunakan tabel di bawah ini anda dapat menentukan persentase Ethylene Glycol,  dengan pengukuran pada suhu 20oC.
Berat Jenis
Persentase volume bahan anti beku
Tetap cair hingga
1.080
1.065
1.050
1.042
1.034
1.026
1.016
50
40
30
25
20
15
10
-37 oC
-25 oC
-16 oC
-13 oC
-9 oC
-7 oC
-4 oC
Ford dan GMH menggunakan 50% campuran anti beku.
2.   Pengukuran pH cairan pendingin

Pemeriksaan yang mudah untuk mengetahui level pH bisa dilakukan dengan kertas lakmus.

Tingkat pH yang diharapkan adalah sebesar 7,5. Jika lebih besar atau kurang dari ini bisa terjadi karat. Kertas lakmus bisa diperoleh di toko bahan kimia. Kertas lakmus mempunyai tabel warna.

    pH
Nilai pH menunjukkan bahan pencegah karat bersifat asam atau basa. Nilai tersebut tidak menunjukkan jumlah atau kondisi bahan pencegah karat. Karat yang parah tetap dapat terjadi pada level pH yang diharapkan.




Poin-poin Penting

·         Pengukuran berat jenis hanya untuk menunjukkan banyaknya kandungan Ethylene Glycol dan bukan menunjukkan kualitas bahan pencegah karat.
·         Pengukuran pH bisa dilakukan pada cairan pendingin yang berbasis Ethylene Glycol ataupun sodium nitrat.
·         Pabrik-pabrik cairan pendingin terkemuka pada umunya menentukan penggantian cairan pendingin dalam suatu jangka waktu tertentu agar diperoleh hasil terbaik (misalnya 18-24 bulan atau sesuai ketentuan pabrik kendaraan). Hal inipun tidak menunjukkan kepastian perlindungan sistem.
·         Jangan mencampur tipe cairan pendingin yang berbeda karena bisa bereaksi membentuk gel.
·         Cairan pendingin bisa bersifat asam sehingga cat atau permukaann kendaraan yang telah di-finishing akan rusak jika terkena.
·         Berhati-hatilah terhadap sifat asam cairan pendingin karena dapat menyebabkan iritasi berat.










No comments:

Post a Comment